Mengatasi Batu Empedu Pada Penderita Diabetes – Bagi penderita diabetes sangat mungkin terjangkit penyakit lain seperti batu empedu. Apalagi Anda masuk kedalam diabetes tipe 1. Biasanya penderita diabetes dapat muncul batu empedu karena adanya gangguan metabolisme dari kolesterolnya.

Orang yang menderita diabetes atau DM tipe 1 telah ditemukan lebih tinggi untuk tingkat trigliserida nya. Trigliserida ini merupakan jenis lemak yang mendorong pembentukan batu empedu. Lalu bagaiman cara mengatasi batu empedu orang diabetes?.

Mengatasi Batu Empedu Pada Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes dari sebuah teori lain mengatakan dalam patofisiologi batu empedu pada diabetes (DM) tipe 1 dapat terbentuk akibat adanya komplikasi diabetes neuropati otonom, yaitu terjadinya kerusakan pada saraf tak sadar yang mengendalikan adanya gerakan perut dan kandung empedu.

Cairan empedu ini disimpan di kantong empedu tetapi tidak dicerna dengan sempurna karena saraf otonom yang sudah rusak, kemudian batu empedu membentuk kristalan seperti batu dari endapan yang dihasilkan. Akan tetapi, menurut beberapa dokter spesialis batu empedu faktor utama penyebab batu empedu pada penderita diabetes yaitu kolesterol.

Dr.Eko Priantno, SpB-KBD merupakan salah satu dokter ahli bedah digestif berpendapat bahwa orang yang hidup dengan mengidap penyakit DM tipe 1 harus menkontrol diabetesnya adalah cara agar penyakit batu empedu tidak muncul.

Karena jika diabetes sudah dikendalikan maka komplikasi neuropati otonom tidak akan bermasalah dan tingkat trigliserida pun akan merendah. Maka peluang bagi Anda penderita diabetes untuk terkena batu empedu akan tipis. Jadi usahakan untuk selalu mengkontrol diabetes Anda.

Pengobatan Yang Dapat Dilakukan

Jika Anda tidak ingin melakukan pengecekkan atau perawatan medis dengan dokter spesialis batu empedu, maka yang harus Anda lakukan adalah mengelola atau merencanakan diet sehat seperti olahraga, makan – makanan yang sehat, dan selalu lakukan pengecekkan kadar gula darah. Karena mengontrol diabetes ini pun dapat meminimalisir tingkat komplikasi penyakit lainnya yang dapat menyerang tubuh Anda, bukan hanya komplikasi terjadi batu empedu saja.

Melakukan operasi batu empedu (kolesistektomi) bedah minimal invansive yang dilakukan oleh dokter ahli bedah digestif memang pada penderita diabetes memang sangat beresiko tinggi. Tetapi ketika batu empedu sudah semakin bermasalah, tindakan operasi ini adalah cara yang terbaik.

Manusia akan tetap dapat beraktivitas tanpa adanya kantung empedu, hanya perlu pengontrolan diri untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Karena fungsi dari empedu adalah mencerna lemak dalam tubuh.

Nah, jadi kalau Anda baik penderita diabetes maupun non-diabetes ingin mengatasi batu empedu atau lebih baik mencegahnya dengan mengatur pola makan sehat Anda dengan baik. Jika terjadi gejala – gejala yang mengganjal dan mencurigakan pada tubuh Anda segara lakukan pengecekkan dengan dokter spesialis batu empedu atau dokter ahli bedah digestif langsung.