Dampak Penggunaan Kemasan Terhadap Lingkungan – Penggunaan kemasan pada sebuah produk akan berpengaruh terhadap lingkungan. Kemasan adalah bentuk dari sebuah pengemasan yang berperan penting pada proses produksi untuk difungsikan sebagai pelindung dari barang yang akan dikemas.

Tapi apakah kalian mengetahui dampak penggunaan kemasan terhadap pencemaran lingkungan? Untuk itu kita harus mencegah atau mengurangi pencemaran lingkungan tersebut dengan benar. Mari simak kelanjutannya.

Dampak Penggunaan Kemasan Terhadap Lingkungan

Nah, memperjelas apa yang membuat pencemaran lingkungan akibat penggunaan kemasan dan hampir dilakukan oleh seluruh manusia yang tidak luput akan menghasilkan bekas pemakaian kemasan tersebut dengan kata lain yaitu sampah.

Faktor penyebabnya itu ada 2 jenis, yaitu :

  1. Kerusakan lingkungan hidup karena peristiwa alam seperti, letusan gunung berapi, gempa bumi, angina putting beliung, dan lain sebagainya.
  2. Kerusakan lingkungan hidup akibat faktor manusia.

Lalu sebenarnya banyak cara yang bisa kalian lakukan, misalnya kalian seorang pedagang makanan, maka kalian coba gunakan kemasan makanan yang berbahan kertas. Seperti yang sudah pernah kita dengar dan pelajari bahwa bahan kertas akan mudah melebur saat terkena air. Jadi sudah pasti tidak akan membuat penumpukkan sampah.

Kemudian kalian juga bisa gunakan paper bag untuk wadah belanjaan kalian, alihkan semua yang berbahan plastik dengan bahan yang mudah didaur ulang dengan cepat.

Saat ini kemasan makanan yang digunakan oleh para pengusaha makanan pun sudah semakin modern. Sebuah kemasan memang sangat berpengaruh terhadap kegiatan promosi. Karena tampilan kemasan yang menarik dapat mendatangkan customer lebih banyak tapi tak juga melupakan soal kualitas barang yang kalian jual ya.

Dampak pencemaran yang dimaksudkan adalah ketika sebuah pabrik pencetak kemasan membuah sisa hasil limbah, biasanya efek itu akan muncul pada aliran kali atau sungai. Ini lah yang membuat air terkontaminasi dengan zat – zat kimia.

Dampak Penggunaan Kemasan Terhadap Lingkungan

Kemudian dengan kemasan makanan berbahan plastik, di mana yang kita ketahui bahwa plastik tidak akan cepat melebur sehingga pembakaran sampah yang dilakukan oleh manusia akan berdampak pada emisi gas rumah kaca. Pembakaran yang terus menerus pun tidak akan baik untuk udara, sehingga oksigen pun akan semakin menipis jika asap dari pembakaran, asap kendaran semua tergabung tidak akan ada lagi udara segar.

Maka dari itu pemakaian kertas pun harus dimanfaatkan dengan baik, karena bahan dasar kertas itu berasal dari kayu. Artinya semakin banyak anda menggunakan kertas, maka semakin besar penebangan hutan. Dan hal yang harus diintensifkan adalah penanaman pohon kembali untuk tetap menjaga ekosistem dan udara bersih.

Wah, ternyata penggunaan kemasan memang harus dibatasi ya. Sekalipun berbahan kertas. Tapi akan lebih aman memang menggunakan bahan kertas apalagi untuk sebuah kemasan makanan, tentunya bahan plastik sangat tidak cocok untuk digunakan sebagai kemasan makanan.