Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita – Sebenarnya penyakit pada sistem reproduksi dapat dialami oleh wanita maupun pria. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah pada tingkat kesuburan Anda. Karena disebabkan oleh infeksi, peradangan, kelainan genetik, gangguan hormon, dan bahkan kanker. Hal tersebut yang memicu permasalahan kesuburan.

Kali ini kita bahas deretan penyakit sistem reproduksi wanita untuk bisa Anda pahami dan mengantisipasi agar tidak muncul pada tubuh Anda. Simak penjelasan berikut ini.

Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Penyakit yang mengganggu sistem reproduksi wanita jangan dianggap sepele. Sistem reproduksi wanita dengan pria memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. Tapi keduanya dibuat untuk dapat melakukan adanya pembuahan sel telur oleh sperma.

Lalu apa saja sih sistem reproduksi wanita? Ada banyak, diantaranya labia mayora, labia minora, kelenjar bartholin, klitoris, vagina, uterus (rahim), ovarium, dan tuba falopi. Sebelum mengetahui penyakit apa saja yang bisa menghambat kesuburan, Anda sebenarnya bisa melakukan medical check up di beberapa rumah sakit atau klinik yang memiliki paket medical check up murah. Hal tersebut untuk menjaga – jaga diri Anda dari penyakit berikut ini lebih awal.

Berikut ini deretan penyakit sistem reproduksi pada wanita yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Jenis ini yang cukup sering menyebabkan masalah kesuburan. Penyakit PCOS ini sering ditemukkan pada wanita yang sedang berada pada usia subur. Gejala yang dapat ditimbulkan seperti :

  • Haid tidak teratur
  • Nyeri panggul
  • Kulit berminyak dan mudah jerawatan
  • Kebotakan / kerontokkan
  • Banyak rambut atau bulu yang tumbuh tapi di bagian tubuh tertentu

Penyakit sindrom ovarium polikistik disebabkan karna gangguan pada bagian ovarium atau kelenjar adrenal yang mengakibatkan hormon laki – laki lebih banyak dari kadar normalnya di dalam tubuh wanita. Dan penyakit ini rentan dialami oleh wanita yang memiliki penyakit kelainan hormon dan diabetes.

Endometriosis

Jenis penyakit reproduksi yang terjadi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim itu tumbuh di tempat yang lain dalam tubuh, misalnya di ovarium, saluran cerna, kandung kemih, atau bahkan di usus.

Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Gejala yang dirasakan biasanya nyeri yang hebat saat menstruasi, pendarahan menstruasi yang deras, merasakan sakit pada daerah panggul dan perut, sakit saat berhubungan intim, dan bahkan bisa kesulitan untuk hamil.

Maka dari itu ketika Anda mulai merasakan haid Anda tidak berjalan seperti semestinya, Anda lakukan medical check up. Sekarang juga banyak rumah sakit yang menyediakan paket medical check up murah, jadi tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya yang besar.

Miom

Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Kata lain dari miom yaitu fibroid rahim merupakan pertumbuhan tumor jinak pada dinding otot rahim. Sama seperti PCOS, penyakit miom ini sangat sering menyerang wanita yang sedang dalam usia subur atau produktif. Gejalanya sama seperti endometriosis tapi yang berbeda hanya akan sering buang air kecil dan merasakan kram pada bagian perut.

Radang Panggul

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke vagina kemudian ke daerah panggul, sehingga peradangan mulai terjadi. Gejalanya berupa nyeri panggul dan perut, nyeri saat buang air kecil, berhubungan seksual, merasa demam, dan muncul cairan atau darah dari vagina.

Beberapa Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Jika tidak segera ditangani penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti infertilitas. Untuk itu ketika Anda merasakan gejala – gejala seperti penyakit radang panggul ini, segeralah lakukan medical check up murah di Tangerang, Jakarta, maupun tempat asal Ada tinggali.

Kanker Reproduksi

Dikenal dengan istilah kanker ginekologi, seperti kanker rahim, kanker mulut rahim, kanker ovarium, dan kanker vagina.

Nah, Anda sudah tahu kan penyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi wanita itu apa saja. Untuk mengantisipasi terjadi hal di atas, Anda sebagai wanita perlu waspadai dan harus selalu memperhatikan gejala – gejala aneh setiap terjadi pada tubuh Anda. Saat dirasa aneh dan mengganjal, lakukanlah medical check up murah di Tangerang yang bisa membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut.